• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Tips menghadapi musim hujan – Memasuki bulan November bertepatan dengan datangnya musim hujan. Turunnya hujan memang membawa banyak kebaikan salah satunya udara di dalam rumah akan menjadi lebih sejuk.

Akan tetapi musim hujan juga akan membuat anda kerepotan jika semenjak awal datangnya musim hujan tidak memperhatikan kondisi rumah anda.

Jadi ada baiknya anda memastikan kondisi rumah anda benar-benar siap menyambut datangnya musim hujan di bulan november ini.

Apa saja yang perlu untuk diperhatikan agar tempat tinggal anda tetap nyaman selama musim hujan berlangsung? Berikut adalah beberapa point yang bisa anda jadikan acuan.

Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Rumah Nyaman Selalu

#1 Kondisi Atap

Point paling penting yang pertama adalah kondisi atap rumah. Pastikan kondisi atap rumah dalam kondisi baik untuk mencegah kebocoran di dalam rumah.

Anda bisa melakukan pemeriksaan pada kondisi plafon rumah untuk memastikan tidak adanya kebocoran pada atap rumah.

Jika hujan deras biasanya yang sering bermasalah adalah bagian pertemuan antara plafon dengan dinding rumah.

Jika ketemu bagian yang basah karena bocornya air, anda harus menandai lokasi tersebut untuk kemudian melakukan perbaikan ketika hujan sudah reda.

#2 Saluran Air

Tips menghadapi musim hujan berikutnya adalah memeriksa saluran air dari dalam rumah menuju ke tempat pembuangan.

Selokan atau gutter yang menjadi tempat pembuangan air terakhir dari saluran air di dalam rumah harus dipastikan kondisinya bersih dari tumpukan sampah.

Jika memungkinkan lakukan kegiatan kerja bakti bersama warga sekitar untuk membersihkan selokan pembuangan air.

Hal ini penting untuk dilakukan untuk mencegah naiknya permukaan air saat hujan deras melalui saluran air yang ada di dalam rumah anda.

#3 Instalasi Listrik

Tips berikutnya adalah pastikan instalasi listrik di dalam rumah anda dalam kondisi baik. Tidak ada kabel-kabel listrik yang terkelupas, dan jika ditemukan segera ganti kabel tersebut.

Kebocoran air dari bagian atap sering kali menyebabkan konsleting listrik karena ada bagian kabel yang terbuka, baik itu karena usiannya yang sudah tua ataupun karena digigit tikus.

Titik-titik stop kontak ada baiknya juga diperiksa apakah bebas dari tetesan air yang bocor dari atap rumah.

Pastikan matikan arus listrik melalui pusat sekering jika terjadi kebocoran air mengenai stop kontak ketika hujan deras untuk mencegah konsleting.

#4 Ventilasi Rumah

Tips menghadapi musim hujan yang juga penting untuk dilakukan adalah memeriksa ventilasi rumah.

Anda harus bisa memastikan apakah pergantian udara didalam rumah tidak terganggu sehingga kelembapan di dalam rumah bisa stabil.

Sebab, kelembapan udara yang berlebih di dalam rumah dapat memicu datangnya penyakit atau serangan flu. Ada baiknya menggulung karpet di dalam rumah jika sedang tidak digunakan.

#5 Kondisi Kusen dan Pintu

Kondisi kusen dan pintu jangan lupa untuk diperhatikan, biasanya jika musim hujan tiba kayu yang digunakan untuk kusen dan daun pintu menjadi melengkung.

Anda bisa mengeceknya dengan cara membuka dan menutupnya berulang kali untuk memastikan kelancaranya.

Jika tersendat saat ditutup atau dibuka ada baiknya anda mendatangkan tukang kayu untuk memperbaikinya.

Itulah beberapa tips menghadapi musim hujan agar rumah sebagai tempat tinggal bersama keluarga tercinta menjadi tempat ternyaman untuk berlindung dari hujan.

Leave a Reply