Tips Memilih Hunian – Di dalam Alquran, rumah dilukiskan dengan dua kata. Pertama, bait yang berarti ‘tempat tinggal di waktu malam.’ Kedua, sakan atau maskan yang berarti ‘tempat ketenangan’. Di sanalah orang dapat menenangkan diri setelah sebelumnya sibuk dalam rutinitas atau emosinya bergejolak. Dan di Islam mengajarkan pada kita agar dapat memilih  rumah sesuai dengan ajaran agama islam, agar rumah yang anda tempati berkah.

Lalu bagaimana ya cara cepat punya rumah menurut Islam yang berkah? Nah, untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya!

#1 Menabung

Menabunglah untuk membantumu dalam mewujudkan hal yang diinginkan. Namun dalam Islam, menabung dan berhemat telah diajarkan sejak dini agar hidup semakin berkah. Dengan menabung ini pasti akan membantumu untuk mencapai impian yang telah lama didambakan salah satunya membeli rumah. Ya, memang memerlukan waktu yang lama, tapi kamu harus menggunakan metode menabung yang benar.  Berikut tips menabung:

  • Gunakan dua tabungan yang berbeda
  • Bikin list kebutuhan pokok dalam sebulan
  • Jangan beli barang yang tidak perlu
  • Siapkan dana darurat di setiap bulan
  • Sisihkan uang penghasilan untuk ditabungkan terlebih dahulu

#2 Berdoa

Dalam Islam, membeli rumah untuk keperluan tempat tinggal dan berlindung adalah salah satu ibadah karena bisa menjadi bagian dari perlindungan bagi keluarga. Nah, jika kamu ingin cepat membeli rumah, lebih baik perbanyak berdoa dengan khusyuk dan serius.

#3 Sedekah

Sedekah menjadi cara cepat punya rumah yang termasuk ke dalam amalan pelancar rezeki. Islam juga mengajarkan untuk saling membantu sesama dan bersedekah dapat membawa keberuntungan sekaligus rezeki yang tak terkira.

Siapapun yang gemar melakukan sedekah pastinya amalan yang dipupuk akan mendatangkan pintu rezeki. Maka, rajinlah bersedekah kepada fakir miskin, anak yatim piatu dan orang yang kurang mampu. Insyaaallah, keinginanmu akan cepat terkabulkan.

#4 Surver Hunian Islami

Lakukanlah surver, karena hal ini akan memberi jalan bagi kamu untuk mencari rumah yang diinginkan karena secara tidak langsung, kamu akan membandingkan berbagai perumahan dan mendapatkan yang terbaik. Jika kamu ingin membeli rumah tanpa riba, bisa memilih hunian islami.

Perumahan syariah sendiri biasanya memiliki sistem yang menganut ajaran Islam seperti:

  • Tanpa melibatkan bank
  • Tanpa BI checking
  • Tanpa denda
  • Tanpa bunga
  • Tanpa sita
  • Tanpa akad ganda

#5 KPR Syariah

Memang tidak dianjurkan untuk menggunakan sistem KPR. Namun, sebaiknya kamu menggunakan sistem KPR Syariah saat hendak membeli rumah. KPR syariah akan berbasis ajaran Islam sehingga tidak memiliki bunga atas pokok utang yang dipungut bank dari nasabah.

Tidak hanya itu saja, biaya tambahan dalam sebuah akad utang seperti KPR konvensional telah disepakati oleh ulama sebagai sesuatu yang riba. Menarik, kan?

Demikianlah tips memilih hunian menurut Islam. Semoga artikel ini bermanfaat, dan kunjungilah blog kami untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Leave a Reply