Tips Beli Rumah – Membeli rumah memang tidak mudah. Biaya yang dikeluarkanpun tidak sedikit. Untuk itu, kamu harus benar-benar mengumpulkan dana untuk membeli rumah impianmu. Tapi, jangan pernah menunda-nunda untuk membeli rumah. Karena harga properti terus akan mengalami kenaikan harga.

Akhir tahun menjadi waktu yang tepat bagi kamu yang ingin membeli rumah. Karena biasanya banyak developer yang menawarkan berbagai macam promo akhir tahun untuk calon komsumennya. Agar kamu mendapatkan hunian yang terbaik, simak yuk beberapa tips dari kami agar proses pembelian rumah bisa makin nyaman dan aman!

#1 Memiliki Dana yang Cukup

Yang pertama harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah. Apalgi ini akhir tahun pastinya kamu memiliki banyak pengeluaran selain membeli rumah.

Tapi kamu akan kesulitan mendapatkan pinjaman untuk membeli rumah melalui skema kredit jika kamu memiliki banyak pinjaman atau kerap mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar.

#2 Hindari Sengeta Perbatasan

Sebelum membeli rumah kamu harus melakukan survei terlebih dahulu. Ini dilakukan agar tidak terjadi perselisihan sengketa perbatasan dengan tetangga dimasa mendatang.

Apabila terjadi sengketa perbatasan properti dengan tetangga, kamu akan mengalami kesulitan ketika ingin memperluas rumah, melakukan renovasi atau membuat taman. Survei ini juga dilakukan untuk memastikan pajak properti yang dimiliki sesuai.

#3 Lebih Besar Tidak Selalu Lebih Baik

Kebanyakan orang tertarik akan rumah yang besar di suatu komplek perumahan padahal rumah yang besar tidak selalu lebih baik. Karena harganya yang cenderung lebih mahal. Kadang, ada juga rumah kecil tapi minimalis lebih cocok untukmu karena harganya lebih terjangkau. Kamu juga bisa tinggal di komplek perumahan tersebut. Dengan begitu, dana yang kamu keluarkan tidak banyak, sisanya bisa kamu gunakan untuk keperluan akhir tahun lainnya.

#4 Tanya Pendapat Tetanggga

Cobalah mampir ke rumah tetangga, tanyakan pendapat mereka mengenai tinggal di komplek perumahan tersebut. Ini akan membatumu dalam memberikan prespektif berbeda daripada dari kata-kata marketing.

Kamu bisa melakukan ini sesering mungkin namun tidak mengganggu kegiatan mereka. Lakukan secara konsisten sampai benar-benar mengetahui kondisi lingkungan dan siap untuk membeli rumah.

Itulah beberapa tips beli rumah yang harus kamu perhatikan sebelum membeli rumah di akhir tahun. Jadi, kamu tidak perlu cemas lagi ketika ingin membeli rumah. Ikutilah rangkaian tips di atas agar aman dan tidak mempersulit kamu dikemudian harinya.

Leave a Reply