• Post author:
  • Reading time:6 mins read

WiFi atau Wireless Fidelity sebenarnya merupakan istilah untuk jaringan lokal yang memanfaatkan media transmisi nirkabel. Hanya saja seiring kebiasaan pengucapan istilah, WiFi kini diidentikkan dengan koneksi internet tanpa kabel.

Padahal layanan atau jasa koneksi internet disediakan oleh ISP (Internet Service Provider) yang kemudian disebarkan dengan transmisi nirkabel atau wireless menggunakan alat bernama Access Point. Yang kemudian dikoneksikan dengan perangkat gadget, laptop, ataupun PC yang sudah dilengkapi dengan WiFi adapter.

Pada artikel kali ini admin sengaja mengulik rekomendasi paket WiFi murah maksudnya adalah rekomendasi ISP untuk koneksi internet dengan harga terjangkau untuk pemakaian rumahan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi pada gadget kebutuhan akan adanya sinyal WiFi yang terkoneksi keinternet mulai berubah. Jika 10 sampai dengan 20 tahun yang lalu kebutuhan koneksi internet masih bisa dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder atau tersier. Sekarang koneksi internet berubah menjadi kebutuhan pokok atau primer,

Terlebih lagi di masa pandemi saat ini, koneksi internet mutlak dibutuhkan untuk urusan pendidikan sampai dengan pekerjaan.

Berikut ini adalah rekomendasi penyedia layanan koneksi internet dengan harga murah dan terjangkau sehingga cocok digunakan untuk skala rumahan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Warna Cat Rumah di Tahun 2021

Rekomendasi Paket WiFi Murah

#1 Indihome

rekomendasi pake wifi indihome

Indihome merupakan penyedia layanan internet rumahan milik PT. Telkom Indonesia. Dengan jaringan fiber optik yang tersedia hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Indihome menyediakan jasa layanan internet broadband 3P (internet, TV, dan telephone) dengan harga terjangkau.

Harga paket yang ditawarkan kepada pelanggan cukup bervariasi sehingga anda bisa memilih paket yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Dimulai dari paket 20 MBPS dengan harga berlangganan sebesar 375 ribu rupiah perbulan. Sampai dengan paket 300 Mbps dengan harga berlangganan 2,666,000 perbulan.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan layanan indihome sebegai solusi rekomendasi WiFi murah anda akan dikenakan biaya pasang baru sebesar 100 ribu rupiah untuk wilayah jabodetabek. Selain itu pelanggan baru juga akan dikenakan biaya jaminan sebesar 1 kali biaya abonemen, yang bisa ditarik kembali jika pelanggan berhenti berlangganan.

Untuk informasi lebih lengkap tentang layanan indihome dan promo terkni anda bisa membuka alamat https://indihome.co.id/promo

#2 Biznet

rekomendasi wifi murah biznet

Biznet merupakan perusahaan infrastruktur digital terintegrasi yang menawarkan layanan sambungan internet untuk berbagai macam kebutuhan. Selain layanan koneksi internet Biznet juga menawarkan layanan data center, layanan cloud computing dan layanan IPTV.

Anda bisa memilih berbagai macam paket layanan internet yang disediakan dalam tiga kategori yaitu biznet home internet, biznet home combo IPTV dan biznet IPTV.

Layanan internet yang cocok untuk rumah adalah paket biznet home internet dengan nama paket internet 1B yang menawarkan kecepatan UP To 75 Mbps. Dengan harga berlangganan bulanan sebesar 325 ribu rupiah.

Sebelum berlangganan pastikan terlebih dahulu layanan Biznet sudah ada di kota anda, hubungi call centerĀ 1500933 untuk informasi mengenai layanan biznet lebih lanjut.

#3 Firstmedia

Firstmedia merupakan layanan koneksi high speed internet untuk rumah dan layanan TV kabel digital berkualitas HD. Dengan berbagai macam pilihan paket yang disediakan anda bisa bebas menentukan pilihan paket yang sesuai dengan kubutuhan anda sehari-hari.

Selain itu firstmedia juga menyediakan layanan untuk menambah layanan selain paket internet yang sudah disediakan. Seperti berbagai addon saluran film dan olahraga favorit dengan biaya 35.000 rupiah saja per bulannya.

Untuk kebutuhan akses internet cepat rumah tangga anda bisa memilih paket Family Plus dengan biaya berlangganan hanya sebesar 361.000 rupiah setiap bulannya.

Sebelum berlangganan akses internet Firstmedia pastikan kota anda sudah masuk dalam daftar layanan Firstmedia. Hubungi customer service Firstmedia dengna mengisi form yang ada di alamat https://www.firstmedia.com/support#contact-us

#4 MNC Play

MNC Play merupakan penyedia layanan internet berbasis jaringan fiber optic yang menyediakan 4 layanan terintegrasi Quadruple Play yang terdiri dari : High Speed Internet dengan kecepatan 1000 Mbps, layanan Interactive Cable TV dengan 170 saluran, Interactive New Media, dan Crystal Clear Telephony.

Untuk jenis paket yang disediakan juga cukup beragam, untuk kebutuhan koneksi internet rumah tangga paket Residential merupakan pilihan yang tepat. Paket residential milik MNC Play menyediakan berbagai macam pilihan kecepatan internet yang ditawarkan.

Paket dengan kecepatan minimal yang ditawarkan adalah paket Family Pack Up To 30 Mbps dengan harga berlangganan 369.000 rupiah perbulan.

Pastikan layanan MNC Play sudah tersedia di kota anda, klik mncplay.id untuk informasi lebih lanjut.

#5 MyRepublic

wifi murah myrepublic

Rekomendasi paket Wifi murah selanjutnya adalah Myrepublic. Myrepublic merupakan penyedia layanan jasa internet ultra cepat untuk berbagai macam kebutuhan. Myrepublic menyediakan kecepatan sampai dengan 500 Mbps untuk kebutuhan koneksi internet yang anda butuhkan.

Secara garis besar disediakan 2 kategori paket internet yang bisa anda pilih sesuai denganĀ  kebutuhan yaitu paket internet dan paket internet + TV.

Untuk kebutuhan koneksi internet rumah tangga paket internet value dengan kecepatan 30 Mbps merupakan pilihan paling tepat. Dengan harga berlangganan setiap bulannya 286.400 rupiah setiap bulannya.

Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung menuju ke official website Myrepublic di myrepublic.co.id.

Tips sebelum Menjatuhkan Pilihan Paket WiFi Murah

Sebelum anda menentukan pilihan penyedia layanan internet yang akan digunakan, ada baiknya simak beberapa tips berikut ini.

#1 Sesuaikan Dengan Lokasi Rumah

Lokasi rumah yang akan dipasang jaringan internet menggunakan WiFi sangat merupakan faktor utama yang disurvei oleh penyedia layanan. Karena berkaitan erat dengan tersedianya jaringan internet di lokasi tersebut.

Jika tempat tinggal anda berada di kota besar kemungkinan besar anda tidak akan mengalami kesulitan untuk memilih provider yang sesuai dengan kebutuhan anda. Akan tetapi sebaliknya jika anda berada di daerah terpencil pasti akan kesulitan karena jaringan internet belum ada di lokasi tersebut.

#2 Tentukan Kebutuhan

Sebelum memasang jaringan WiFi untuk internet dan memulai berlangganan tiap bulan, anda juga harus cermat dalam memperhitungkan kebutuhan akan koneksi internet. Bisa dimulai dengan menghitung berapa jumlah perangkat atau gadget yang membutuhkan koneksi internet.

Kemudian tentukan juga jenis koneksi yang dibutuhkan, apakah internet saja, atau layanan internet plus IP TV dan yang lainnya. Sebab biaya langganan dari masing-masing layanan berbeda, semakin kompleks layanan semakin mahal biaya bulanannya.

Kemudian sesuaikan jumlah kebutuhan tersebut dengan paket-paket yang disediakan oleh penyedia jasa internet. Jika diperlukan konsultasikan terlebih dulu dengan customer service atau technical support penyedia jasa layanan internet.

#3 Kecepatan Internet

Speed atau kecepatan koneksi internet baik itu kecepatan download ataupun kecepatan upload juga harus diperhatikan dengan baik. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika kebutuhan anda sehari-hari dirumah hanya untuk browsing, media sosial dan streaming video youtube kecepatan 10 Mbps masih bisa digunakan.

Tetapi jika kebutuhan anda sehari-hari adalah webinar, teleconference, nonton layanan movie streaming minimal kecepatan internet yang dibutuhkan 20 Mbps untuk beberapa perangkat.

#4 Kuota dan Harga

Adanya ketentuan FUP (Fair Usage Policy) dari beberapa provider internet sebenarnya bertujuan untuk melatih anda lebih bijak dalam menggunakan waktu untuk online. Jika kuota internet yang anda gunakan sudah mencapai batas FUP biasanya kecepatan internet akan menurun.

Oleh karena itu pilihlah quota yang sesuai dengan kebutuhan berinternet anda sehari-hari.

Penutup

Gunakan internet dengan bijak, pilihlah paket langganan koneksi internet sesuai dengan kebutuhan anda. Adapun urutan penyedia jasa koneksi internet pada artikel Rekomendasi Paket WiFi Murah ini tidak menunjukkan posisi terbaik atau terburuk. Masing-masing provider memiliki kelebihan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau pengguna internet.

Leave a Reply