Lingkungan Tercemar- Lingkungan sangat berpengaruh bagi kesehatan setiap orang. Linggkungan yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi siapapun. Namun, lingkungan juga bisa tercemar jika kita tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan kita. Salah satunya adalah limbah rumah tangga yang tidak dapat diolah dengan baik dan berakhir mencemari lingkungan.

Lingkungan tidak sehat juga tidak baik untuk tumbuh kembang anak. Hal ini dikarenakan kesehatan akan terganggu karena kondisi lingkungan tersebut. Berikut lima macam pencemaran lingkungan yang sering terjadi di sekitar kita beserta cara mengatasinya:

#1 Asap Pembakaran Sampah

Pencemaran lingkungan juga bisa disebabkan oleh pembakaran sampah. Apalagi jika kamu membakar sampah ini di sembarang tempat. Asap dari pembakaran sampah ini akan tercemar dan menjadi polusi udara. Ini akan membahayakan siapapun yang menghirupnya.

Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak membakar sampah-sampah ini, cukup ditanam atau dikuburkan saja di dalam tanah. Dengan begitu, akan menjadi solusi terbaik untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh pembakaran sampah.

#2 Membuang Sampah Sembarangan

Sampah rumahan yang dibuang ke sungai akan membuat air sungai menjadi jeruh dan kotor. Hal ini akan mengganggu kehidupan biota yang ada di sungai tersebut. Tidak hanya itu, kebutuhan manusia akan air bersih juga terganggu. Karena air di sungai tersebut sudah tercemar akibat dari berbagai sampah yang dibuang di sungai.

Selain itu, tumpukan sampah yang ada di sungai juga bisa menyebabkan banjir. Untuk itu, berhentilah membuang sampah di sungai. Biasakan diri untuk membuang sampah pada Tempat Pembuangan Sampah sejak dini. Dengan begitu, sesuatu yang buruk tidak akan terjadi di sekitar sungai. Ajarkan juga kepada anak untuk tidak membuang sampah sembarangan guna untuk menjaga kebersihan lingkungan.

#3 Polusi Udara

Polusi udara merupakan salah satu pencemaran lingkungan yang sangat merugikan. Ini diakibatkan oleh berbagai substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfir dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup. Selain itu, polusi udara juga bisa merusak properti. Untuk itu, stop melakukan kegiatan yang dapat mencemari udara.

#4 Menebang Pohon Sembarangan

Penebangan pohon sembarangan akan menyebabkan hutan gundul. Ini akan membuat permukaan tanah menjadi sedikit. Jika terjadi hujan, banyak tanah yang terbawa oleh arus air dan mengalir ke sungai maupun danau. Dengan begitu, akan terjadi longsor ketika hujan, sebab air yang mengalir bisa mengikis tanah.

Ini terjadi karena tanah terbawa karena tidak ada lagi akar-akar pohon yang menahan tanah tersebut. Untuk mengatasi ini perlu adanya kesadaran setiap orang untuk menjaga hutan dengan tidak menebangnya secara liar. Solusi lain yang bisa dicoba adalah melakukan reboisasi atau penghijauan kembali.

#5 Asap Rokok

Asap rokok bisa menyebabkan pencemaran udara yang tidak sehat bagi tubuh. Karena asap rokok mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Asap rokok akan membahayakan banyak orang, tak hanya perokok, melainkan mereka yang menghisap asap rokok.

Asap rokok juga bisa menyebabkan sesak nafas dan kanker paru-paru jika berlebihan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjauhkan diri dari orang-orang yang merokok. Kamu juga bisa memberikan edukasi kepada perokok tentang ahanya rokok bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Demikianlah artikel mengenai lingkungan tercemar ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa cintailah lingkungan dengan menjaga kebersihan bersama. Pantau terus blog kami untuk mendapatkan artikel baru seputar properti dari kami. Terimakasih.

Leave a Reply