Menanam bunga Sedap Malam – Sahabat PrimaLand, Ada banyak cara untuk membuat rumah lebih terlihat unik dan menarik. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman bunga di depan, ada banyak macam bunga yang dapat menjadi pilihan agar halaman rumah lebih indah dan udara lebih wangi dengan aroma bunga yang mekar. Bunga sedap malam dengan nama latin Polianthes tuberosa yang berasal dari daerah Meksiko ini memiliki kelopak ungu dan warna putih, sehingga tampat sangat indah dan canti ketika sudah mekar. Uniknya lagi, aroma wangi dari bunga sedap malam ini muncul ketika malam hari, maka tidak heran jika bunga ini dinamakan bunga sedap malam. Nah, jika sahabat PrimaLand tertarik untuk menanam bunga sedap malam ini di rumah, cara budidayanya tidak sulit, loh.

Berikut adalah tips untuk menanam dan merwata bunga sedap malam, diantaranya:

1.Pahami Karakter Bunga Sedap Malam Untuk Tumbuh

Sumber: antarafoto.com

Untuk menanam bunga sedap malam agar tumbuh dan berbunga dengan baik, kamu harus memahami karakter bunga sedap malam dan kondisi lingkungan yang akan di pakai untuk budidaya, diantaranya:

  1. Tumbuh paling baik di dataran rendah, dengan ketinggian 600 – 1500 mdpl
  2. Keasaman tanah atau pH 5 – 5,7
  3. Suhu udara yang baik antara 13 – 27 derajat celcius
  4. Curah hujan yang baik di angka 1900 – 2500 mm/tahun
  5. Menggunakan tanah yang gembur dan banyak mengandung humus
  6. Berikan sistem drainase baik

2.Menyiapkan Bibit Bunga Sedap Malam

Sumber: blibli.com

Tahap awal untuk proses budidaya bunga sedap malam yaitu menyiapkan bibit berupa umbi bunga sedap malam kualitas terbaik yang berasal dari indukan berumur kurang lebih 1,5 tahun, agar ketika bibit telah tumbuh menghasilkan tanaman yang lebih rimbun. Jika bibit umbi masih berada pada indukan, potong umbi sekitar 2cm dengan hati-hati agar umbi tidak terkena goresan, lalu bersihkan dari kotoran. Tahapan selanjutnya umbi yang sudah bersih di keringkan selama 3-4 minggu, lalu disimpan selama satu (1) bulan penuh.

3.Siapkan Lahan Atau Tempat Untuk Penanaman

Sumber: pixabay.com

Ketika bibit bunga sedap malam sudah siap ditanam, tahapan pertama adalah kamu harus menyiapkan media untuk proses penanamannya. Media yang digunakan untuk penanaman yang sederhana saja data menggunakan pot bunga bekas atau polybag, jika memiliki lahan kosong di halaman rumah dapat dijadikan tempat media penanamannya. Kamu dapat menyiapkan beberapa bahan dan media tanam diantaranya:

  1. Pot/Polybag
  2. Tanah
  3. Arang Sekam
  4. Pupuk kandang
  5. Cetok
  6. Air

4.Cara Penanaman Bunga Sedap Malam

Sumber: pixabay.com

Setelah semua bibit, alat dan bahan terkumpul, ada beberapa tahapan dalam penanaman bibit bunga sedap malam yang sudah di urutkan dengan baik dan benar diantaranya:

  1. Campur rata tanah, arang sekam dan pupuk menggunakan perbandingan 1:1:1 , hingga tercampur rata.
  2. Setelah tercampur rata, selanjutnya masukan kedalam wadah berupa Pot/Polybag.
  3. Beri lubang pada tanah bagian tengah seukuran bibit umbi bunga sedap malam, lalu masukan umbinya dan tutup kembali dengan tanah.
  4. Siram dengan air secukupnya, lalu letakan di lahan kosong depan rumah yang dapat terkena cahaya matahari cukup.

5.Cara Merawat Bunga Sedap Malam

Sumber: nakita.grid.id

Saat bibit umbi bunga sedap malam sudah mulai tumbuh, tahapan berikutnya adalah merawat bibit bunga tersebut aga tetap tumbuh sehat, karena bunga sedap malam membutuhkan banyak air dan penyiraman dapat di lakukan pada pagi hari dan sore hari. Untuk tahapan pemupukan, menunggu bunga sedap malam berumur sekitar 6 bulan baru dapat di berikan pupuk TSP dan Urea dengan perbandingan 1:1 , pemupukan dapat dilakukan antara 1-2 minggu sekali dan bersihkan tanaman-tanaman yang mengganggu di sekitar batang tanaman agar tanaman terus tumbuh sehat hingga berbunga.

6.Cara Panen Bunga Sedap Malam

Sumber: pixabay.com

Bunga sedap malam yang baik biasanya akan berbunga di waktu umur 7-8 bulan, masa produktif pada tanaman bunga tersebut untuk berbunga selama kurang lebih 2 tahun dan setiap tanaman dapat menghasilkan 3 hingga 5 tangkai bunga, bagi kamu yang belum tahu langkah yang benar untuk memanen bunga tersebut sangatlah mudah, yaitu:

  1. Usia mencapai 7 hingga 8 bulan.
  2. Patikan tanaman sudah banyak berbunga.
  3. Ikatlah tangkai bunga menjadi satu.

7.Manfaat Bunga Sedap Malam

Sumber: pixabay.com

Bukan hanya karena bunganya yang cantik dan unik karena wangi di malam hari dan dijadikan campuran parfum, ternyata bunga sedap malam ini punya manfaat lain termasuk dalam bidang kesehatan, berikut adalah beberapa manfaat dari bunga sedap malam:

  1. Mengobati flu
  2. Mengobati radang tenggorokan
  3. Mengobati rematik
  4. Mengobati katarak
  5. Mengobati bengkak

Sahabat PrimaLand, itulah menanam bunga Sedap Malam yang kami rangkum dari beberapa sumber untuk sahabat PrimaLand lebih mudah dalam budidaya bunga sedap malam sendiri dirumah sahabat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa kunjungi terus blog kami untuk mendapatkan artikel dan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply