Manfaat Gingseng – Sejak lama gingseng sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat. Tanaman ini memiliki jenis akar yang berwarna merah atau putih. Akar inilah yang menjadi bahan obat herbal dalam pengobatan tradisional.

Ada dua jenis gingseng yang sering ditemukan, yaitu gingseng Amerika (Panax Quinquefolius) dan gingseng Korea/Asia (Panax Gingseng). Kedua jenis gingseng ini sama-sama memiliki manfaat yang berasal dari kandungan zat aktif yang sama, yaitu ginsenosida dan gintonin.

Inilah beberapa manfaat yang bisa kita dapat apabila mengkonsumsi gingseng, diantara lain :

#1 Meredakan Stress

Buat kamu yang sering stress karena banyaknya aktivitas yang dikerjakan, bisa mengkonsumsi gingseng untuk meredakan stressmu. Ini terbukti sangat ampun meredakan stress.

Gingseng ini bisa mempengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, misalnya merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Ini terjadi karena adanya senyawa adaptogen yang ada pada gingseng.

Senyawa adaptogen pada gingseng inilah yang membuat kadar hormon yang dihasilkan pada saat tubuh stress terganggu. Makanya, tubuhmu jauh lebih baik dan tidak lagi mengalami stress yang berlebihan.

#2 Mencegah Penuaan Dini

Ingin tampil awet muda? Konsumsilah gingseng secara rutin. Manfaat dari gingseng satu ini dipercaya dan digunakan secara luas di Korea Selatan. Sebab, adanya kandungan zat antioksidan yang melimpah, sehingga efektif melindungi sel-sel tubuh.

Selain itu, gingseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh dan ke dalam sel kulit tubuh. Inilah yang membuat kulit tampak lebih awet muda dan lembab.

#3 Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak asing lagi jika gingseng bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otak. Ini dibuktikan dengan masyarakat Korea Selatan yang menjadi salah satu negara terpintar di dunia. Mayoritas masyarakat Korea Selatan memiliki tingkat IQ mencapai angka 106.

Wah, keren sekali,ya. Mau seperti mereka? Konsumsilah gingseng secara rutin dan dapatkanlah manfaatnya.

#4 Sebagai Imunitas Tubuh

Dimasa pandemi Covid-19 ini , kita diwajibkan menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang virus bisa dengan mengkonsumsi gingseng ini.

Gingseng memiliki kandungan antialergi, antimikroba, dan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuhdalam melawan berbagai infeksi mikroba dan bakteri. Gingseng juga dipercaya mampu meningkatkan efek perlindungan setelah pemberian vaksin terhadap berbagai penyakit, misalnya penyakit influenza, virus hepatitis c, dan rotavirus.

#5 Menurunkan Kadar Gula Darah

Gingseng dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tanaman ini bisa membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Ini terjadi karena adanya kandungan ginsenosida yang berkerja dengan memengaruhi produksi insulin pada pankreas dan meningkatkan resistensi insulin.

Selain itu, ekstrak gingseng juga bisa membantu memberikan perlindungan antioksidan sehingga menggurangi radikal bebas dalam sel-sel tubuh penderita diabetes.

#6 Mengurangi Peradangan

Gingseng juga bisa membantu mengurangi peradangan. Kandungan antiperadangan yang ada pada senyawa ginsenosida dalam gingseng. Senyawa ini memiliki efek positif dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi peradangan.

#7 Melawan Sel-Sel Kanker

Gingseng dapat membantu mengurangi risiko munculnya penyakit kanker. Ginsenosida yang ada pada gingseng ini memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, juga bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Dipercaya seseorang yang mengkonsumsi gingseng mengalami penurunan risiko kanker sebesar 16%. Penyakit kanker yang dimaksud antara lain: kanker mulut, kanker esofagos, kanker perut, kanker usus besar, kanker hati dan kanker paru-paru.

Leave a Reply