Manfaat Bunga Matahari – Kalian pasti pernah melihat bunga matahari, ya kan? Bunga matahari sangat cantik ketika dilihat secara langsung maupun melalui foto. Keindahan bunga ini disukai oleh berbagai kalangan dan juga mereka yang tidak suka berkebun.

Uniknya, bunga ini selalu mengarah ke arah matahari. Tidak hanya itu saja, tanaman bunga matahari ini memiliki segudang manfaat yang tak terduga. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja disimak ulasan berikut ini!

#1 Mencegah Diabetes

Bunga matahari juga terkenal akan bijinya yang bisa dikonsumsi yang dikenal dengan sebutan kuaci. Nah, biji bunga matahari mengandung asam klorogenat yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, biji bunga matahari sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kamu bisa mengonsumsi biji bunga matahari secara langsung atau bisa juga dicampurkan dengan makanan lain. Jika kamu mengonsumsi kuaci dengan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti, maka kandungan dalam biji bunga matahari akan langsung bekerja menurunkan senyawa karbohidrat tersebut di dalam tubuhmu.

#2 Menjaga Kesehatan Kulit

Biji bunga matahari juga menghasilkan minyak yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Minyak bunga matahari mengandung vitamin E yang memiliki antioksidan tinggi sehingga sangat berkhasiat untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel kulit dan penuaan dini.

Tidak hanya itu saja, minyak bunga matahari juga bisa membuat kulit lebih terhidrasi. Maka, tidak heran kalau banyak produk perawatan wajah yang menggunakan bahan dasar minyak bunga matahari. Jika kamu rutin memakai produk yang mengandung minyak bunga matahari, kulit wajahmu pasti akan jadi lebih lembut dan ternutrisi.

#3  Menjaga Kesehatan Rambut

Kamu memiliki masalah pada rambut, sepert rontok? Jika ya, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak bunga matahari, lho! Vitamin B6 yang terkandung di dalam minyak biji bunga matahari mampu meningkatkan daya penyerapan seng di dalam tubuh sehingga oksigen lebih banyak masuk ke kulit kepala dan rambut rontok pun akan berkurang.

Selain itu, ada juga kandungan gamma linolenic acid yang bisa merawat kerusakan rambut. Tak lupa, vitamin E  juga turut bekerja memicu pertumbuhan rambut supaya jadi lebih tebal dan sehat.

#4 Mengurangi Resiko Jantung

Biji bunga matahari juga bisa mengecilkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena ada kandungan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada juga senyawa asam linoleat yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

#5 Menyuburkan Tanaman

Setiap tanaman akan layu dan mati, begitupun tanaman matahari akan mati pada waktunya.  Namun, kamu tidak perlu bersedih karena bunga matahari yang kering pun tetap bisa bermanfaat sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman lainnya, lho! Hal ini karena bunga matahari mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat memicu pertumbuhan tanaman.

#6 Meredakan Peradangan Kulit

Minyak bunga matahari juga mengandung vitamin A, C, D, dan asam linoleat atau asam lemak tak jenuh yang mampu mengurangi peradangan pada kulitmu. Kandungan minyak matahari tersebut akan bekerja dengan memberikan lapisan pelindung untuk mencegah kulit terinfeksi oleh bakteri.

#7 Menghiasi Kebun

Bunga matahari biasa orang lain gunakan untuk menghiasi kebun atau halaman rumahnya. Karena bentuk bunganya yang unik dan besar dengan warna kuning yang khas membuatnya terlihat sangat menawan. Kamu bisa menanam beberapa bunga matahari di halaman supaya tampilan depan rumahmu lebih ceria dan atraktif.

Leave a Reply