Kulkas Tidak Dingin- Kulkas pasti ada di setiap rumah yang biasa digunakan untuk mendinginkan, membekukan dan mengawetkan makanan. Kulkas tidak boleh dibiarkan begitu saja, karna jika dibiarkan dan tidak di rawat maka kulkas tidak akan awet dan tidak lagi bekerja secara maksimal.

Salah satu contoh kerusakan pada kulkas adalah kulkas tidak dingin lagi. Jika sudah terjadi seperti ini pastinya kamu akan merasa kerepotan dalam mengawetkan makanan dan mendinginkan makanan.

Yang harus kamu ketahui adalah penyebab dari kulkas tidak dingin lagi. Setelah itu baru kamu bisa lebih berhati-hati lagi dan bisa memperbaikinya. Berikut ini penyebab kulkas tidak dingin lagi!

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

#1 Bunga Es Menutupi Lubang Angin pada Kulkas

Bunga es yang ada di dalam kulkas berfungsi untuk mendinginkan udara. Bisa jadi penyebab kulkasmu tidak dingin lagi karena bunga es yang sudah terlalu tebal sehingga menutupi bagian lubang angin pada kulkasmu.

Cara mengatasinya cukup mudah. Kamu hanya perlu memeriksa bunga es yang kerap menutupi bagian lubang angin. Jika tertutup, maka segera bersihkan bunga es yang suda menumpuk itu.

Buka pintu lemari es dan nyalakan kipas angin di depannya. Diamkan selama 1 jam hingga bunga es mencair. Jika sudah mencair, bersihkan dengan lap. Lakukanlah ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

#2 Meletakkan Eletronik Lain yang Mengahsilkan Suhu Panas di dekat Kulkas

Barang eletronik seperti rice cooker, kompor gas, oven listrik, pemanggang roti ini bisa mengakibatkan kulkas menjadi panas dan tidak dingin lagi. Selain itu, barang yang menghasilkan panas ini menyebabkan suhu kulkas ikut naik.

Cara mengatasinya adalah jauhkan kulkas dari barang eletronik yang menghasilkan suhu panas berlebihan. Jika bisa letakkan kulkas di luar ruangan dapur namun jangan terlalu jauh agar tidak merepotkanmu.

#3 Kabel Kulkas Tidak Tercolok Sempurna

Bisa jadi penyebab kulkasmu tidak dingin adalah kabel yang tidak terpasang sempurna atau terlepas dari stop kontak akan mematikan fungsi seluruh lemari es. Cara mengatasinya adalah apabila kabel terletak di tempat yang sulit dijangkau, cara mudah untuk memastikan bahwa kabel sudah terpasang sempurna adalah dengan melihat lampu kulkas. Jika sudah terpasang sempurna, lampu kulkas akan menyala, dan sebaliknya akan mati jika kabel tidak terpasang sempurna.

#4 Kerusakan Pada Kompresor

Kompresor ini bertugas untuk memampatkan refrigeran dari uap dingin bertekanan rendah menjadi uap panas bertekanan tinggi. Refrigeran terkompresi ini berupa uap panas bertekanan tinggi kemudian dialirkan melalui kondensor yang kemudian terkondensasi menjadi cairan bertekanan tinggi.

Cairan ini kemudian mengalir melalui koil evaporator di mana ia menguap dan mendingin menjadi uap bertekanan rendah. Udara mengalir di atas kumparan pendingin dan menjaga lemari es tetap dingin. Jadi ketika kompresor rusak, siklus pendinginan ini tidak berjalan dengan baik.

Cara mengatasinya adalah dengan membuang oli yang berada di dalam kompresor melalui pipa hisap, lalu belah compressor secara melingkar dibawah bekas las pabrikan. Tahapan ini dilakukan hanya untuk membuka bekas las pabrikan.

Setelah itu ketuk pelan-pelan pada tanda panah di dalam kompresor, sambil tuangkan oli sedikit-sedikit, dan putar dengan tangan. Kemudian, hidupkan kompresor, jika kondisi baik maka pasang lagi kompresor seperti semula.

#5 Sering Menyimpan Makanan Panas

Jangan terlalu sering menyimpan makanan panas di kulkas ini bisa menyebabkan kulkasmu menjadi tidak dingin lagi. Cara mengatasinya adalah sebelum menyimpan makanan panas, sebaiknya sejukkan terlebih dahulu makanan tersebut di luar kulkas. Biarkan mendingin sementara melalui udara. Makanan yang bersuhu netral tentunya tak akan mengubah atau merusak suhu dingin pada kulkas.

Leave a Reply