Kelebihan Kekurangan- Dalam proses pembuatan suatu bangunan atau hunian, batu bata merah dan bata ringan ini sering digunakan. Pastinya kedua bata ini memiliki karakteristik yang berbeda. Penggunaan bata ini juga pasti disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemilik rumah.

Bata merah cenderung lebih kecil dibandingkan dengan bata ringan. Bahan dasar dari bata merah sendiri adalah tanah liat. Namun, kualitas dari bata merah ini bagus tergantung dari jenis tanah yang digunakan. Sedangkan bata ringan biasanya terbuat dari campuran alumunium. Ukuran bata ringanpun lebih besar dibandingkan bata merah.

Kamu mau bangun rumah impiahmu dengan kokoh, tapi bingung mau menggunakan jenis bata yang mana ? Yuk, langsung saja simak kelebihan kekurangan dari kedua jenis bata ini!

Bata Merah

Kelebihan:

#1 Mudah Di pasang

Dalam pemasangan batu bata merah sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Ini memudahkan dan mempercepat dalam proses pembangunan hunian kalian.

#2 Mudah Di bawa

Bentuknya yang kecil dan ringan ini membuat kalian mudah membawanya dalam jumlah yang banyak. Ini akan membantumu dalam pengangkutan bata ke area bangunan hunianmu.

#3 Memudahkan dalam Pembuatan Bidang Kecil

Dengan bentuknya yang kecil ini memudahkan kalian dalam proses pembangunan hunian dalam bidang kecil. Dan juga bata merah ini mudah di belah untuk memenuhi kebutuhan proses pembangunan hunianmu.

#4 Harga Lebih Murah

Harga batu merah ini lebih murah dibandingkan harga bata ringan karena memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, harga bata merah ini disesuaikan dengan jenis tanah liat yang digunakan dalam proses pembuatannya.

#5 Mudah Didapat

Bata merah ini mudah ditemukan di berbagai tempat. Dan juga permintaan bata merah ini sangat tinggi untuk proses pembangunan sebuah hunian.

#6 Tidak Perlu Perekat

Bata merah ini tidak membutuhkan perekat khusus dalam penggunaannya. Berbeda dengan bata ringan yang membutuhkan perekat khusus agar bisa menempel kuat bata satu dengan bata lainnya.

#7 Tahan Cuaca Panas

Bata ini tahan panas, sehingga bisa dijadikan perlindungan terhadap api di dalam rumah.

Kekurangan:

#1 Sulit Disusun Rapi

Ukurannya yang tidak sama membuat bata merah ini susah untuk disusun dengan rapi.

#2 Mempengaruhi Suhu Ruangan

Bata ini bisa menyerap cuaca sesuai cuaca yang ada. Misal pada musim panas bata ini mampu menyerap panas. Begitupun sebaliknya, jika musim dingin bata ini mampu menyerap suhu dingin. Hal ini menyebabkan rumah cenderung tidak stabil.

#3 Banyak Menggunakan Perekat

Karena ukurannya kecil, bata merah ini membutuhkan banyak perekat dalam penggunaannya.

#4 Berbeda Ukuran

Proses pembuatannya yang manual membuat bata merah ini memiliki kualitas bata yang tidak beragam. Selain itu, ukurannya cenderung berbeda-beda.

#5 Membutuhkan Waktu Lama dalam Pemasangan

Ukurannya yang kecil ini membuat proses pemasangan bata merah menjadi lebih lama dibandingkan dengan pemasangan bata ringan.

#6 Bobot Berat

Bata merah memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan bata ringan. Hal ini akan membebani struktur yang menjadi penopangnya.

Bata Ringan

Kelebihan:

#1 Bentuk dan Ukuran Seragam

Penggunaan bata ini membuat dinding lebih rapi karena memiliki bentuk, ukuran dan kualitas yang seragam.

#2 Menggunakan Sedikit Perekat

Ukurannya yang besar-besar akan membuat penggunaan perekat menjadi lebih hemat.

#3 Beban Struktur Lebih Kecil

Bata ringan ini memiliki struktur lebih kecil walaupun ukurannya besar. Ini memudahkan kamu dalam proses pengangkutan dalam jumlah banyak.

#4 Pemasangan Cepat

Proses pemasangan bata ringan ini lebih cepat karena ukurannya yang besar dan seragam.

#5 Kedap Suara dan Air

Struktur kedap suara dan kedap air akan meminimalisir kemungkinan terjadinya rembesan air serta suara bising dari luar rumah.

Kekurangan:

#1 Sisa Limbah Banyak

Ukurannya yang besar dan nanggung membuang sisa limbah dari bata ringan ini jadi cukup banyak.

#2 Membutuhkan Perekat Khusus

Bata ringan membutuhkan perekat khusus berupa semen instan.

#3 Butuh Keahlian Khusus

Bata ringan membutuhkan keahlian khusus dalam pemasangannya. Jika tidak, amak dinding akan tidak terlihat rapi .

#4 Proses Pengeringan Lebih Lama

Proses pengeringan bata ringan ini lebih lama dibandingkan bata merah. Apalagi terkena air bata ringan ini membutuhkan waktu lama untuk mengering.

#5 Harga Lebih Mahal

Bata ringan ini lebih mahal dibandingkan bata merah.

Itulah kelebihan kekurangan dari bata merah dan bata ringan.

Leave a Reply