Jenis Lantai Teraso – Saat ini banyak rumah modern yang menggunakan keramik sebagai lantainya. Jenis keramik yang kerap digunakan pada hunian, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Misalnya, lantai teraso ini, jenis keramik ini sudah populer sebelumnya dan kembali ngetren untuk melengkapi desain hunian.

Lantai teraso adalah salah satu jenis lantai yang memiliki corak. Teraso ini terbuat dari campuran semen dan pasir, di mana bagian atasnya dilapisi dengan bahan keras seperti pecahan marmer. Lantai ini memiliki banyak jenis dan kegunaannyapun berbeda-beda. Untuk menampilkan lantai rumah yang estetik, perlu kamu ketahui karakteristik masing-masing jenis lantai teraso ini, Berikut penjelasannya!

#1 Terasi Mozaik

Jenis teraso yang umum ini memiliki sejarah tersendiri. Istilah ‘terazzo’ yang kemudian diterjemahkan menjadi teraso, pertama kali diciptakan oleh pengrajin kaca mosaik pada abad 15. Seni mozaik sudah terkenal sangat lama sehingga asyarakat mengaplikasikannya juga pada dekorasi lantai.

Pada saat pengaplikasiannya, teraso mozaik dibuat dengan menggabungkan kaca berwarna maupun bening sehingga membentuk pola maupun gambar tertentu. Sebelumnya, penghuni rumah sudah menyiapkan pola apa yang akan dibuat. Selain itu, pemilihan teraso mosaik bisa menjadi focal point sehingga kurangi furniture atau dekorasi tambahan agar harmonisasi setiap aksen dapat memanjakan mata.

#2 Teraso Logo

Pernahkan kamu melihat logo pada lantai kantor atau sekolahan? Nah, itulah salah satu contoh lantai teraso logo. Teraso logo ini biasa digunakan sebagai identitas pada bangunan instansi, contohnya sekolah, rumah sakit, instansi pemerintah maupun bisnis usaha lain yang ingin menampilkan branding pada dekorasi bangunannya.

Lantas, bisakah jenis lantai ini diaplikasikan di rumah? Pastinya bisa dong! kamu bisa menggunakan logo yang disukai seperti bunga dan simbol etnik atau kedaerahan. Gunanya untuk menonjolkan identitas pemiliknya tanpa menghadirkan kesan yang berlebihan.

#3 Teraso Grafik

Bentuk keramik teraso grafik ini pertama kali dibuat oleh seniman kontemporer asal Jepang. Beliau membuat motif polka dot dan ide ‘lukisan tak terbatas karyanya. Salah satu karyanya diaplikasikan pada lantai teraso ini.

Jenis keramik ini terinspirasi pada seni dan artistik. Teraso grafik ini memiliki pola yang menyerupai gambaran seni tari, music, maupun etnik tertentu. Hal ini yang membuat keramik terasi grafik ini berbeda dengan keramik teraso lainnya. Tetapi, kamu bisa menggunakan kramik ini dengan memilih pola agar tidak terlalu ramai namun kuat pada makna grafik dan polanya.

#4 Teraso Kompas

Jenis keramik teraso kompas ini memiliki pola kompas sebagai petunjuk arah. Selain itu, keramik teraso kompas ini juga memberi kesan bersejarah yang sangat unik. Umumnya, teraso kompas digunakan untuk bangunan berukuran besar, seperti museum, stasiun, masjid, atau rumah besar. Jarang orang yang menggunakan teraso kompas ini, tapi kamu juga bisa memanfaatkannya maka bisa menciptakan suasana yang mewah bagi rumah.

#5 Teraso Polos

Bagi kalian pecinta minimalis, keramik jenis ini bisa jadi pertimbangan. Teraso polos yang terbuat dari material komposit halus tanpa ada pola yang mencolok, dapat memberi kesan ruangan bersih dan halus. Pilihan warna ubin teraso polos juga cocok dikombinasikan dengan konsep rumah minimalis baik itu scandinavian, shabby chic, hingga industrial sekalipun.

Jangan khawatir dengan perawatannya, karena teraso polos dapat Anda bersihkan dengan kain pel dan cairan pembersih lantai dengan menggunakan air hangat.  Teknik ini akan memoles permukaan lantai hingga berkilau dan tidak menimbulkan kusam.

Leave a Reply