Jenis Ikan Hias – Tidak suka dengan hewan berbulu? Tapi ingin memiliki hewan peliharaan ? Tenang ada ikan hias yang bisa menjadi pilihanmu. Dijamin dengan merawat ikan hias kamu mendapatkan manfaat pikiran lebih tenang dan tidak merasa bosan lagi.

Ada banyak jenis ikan hias yang bisa kamu pilih. Mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, serta yang memiliki beragam warna cantik. Banyak orang yang memelihara ikan hias di dalam akuarium dengan beragam ukuran. Namun, ada juga ang memelihara ikan hias di kolam ikan.

Nah, berikut ini beberapa jenis ikan hias tawar yang bisa kamu pelihara di rumah. Pasti dengan hadirnya ikan hias ini membuat rumahmu nampak cantik. Berikut ini beberapa jenis ikan hias untukmu!

#1 Ikan Botia Badut

Ikan ini hidup secara berkelompok dan memiliki ukuran kecil sehingga ukuran akuariumnya pun tidak perlu terlalu besar yang cenderung makan tempat di hunian. Ikan ini memiliki sisik tipis. Disarankan untuk tidak memeliharanya dengan ikan lainnya yang agresif. Ikan ini juga suka makan, jadi jaga frekuensi pemberian makanan, ya!

#2 Ikan Lauhan

Rasanya tidak lengkap jika akuarium tidak ada ikan lauhannya. Ikan ini cukup terkenal dan pernah menjadi primadona beberapa tahun lalu. Ikan ini dipercaya sebagai sebuah simbol keberuntungan dan kemakmuran. Inilah yang menyebabkan ikan ini sangat mahal harganya.

#3 Ikan Cupang

Siapa sih yang nggak suka pelihara ikan cupang? Ikan yang memiliki banyak warna ini bisa menjadi pilihanmu. Tak hanya itu saja, gerak gerik ikan cupang menjadi nilai plus yang membuat ikan ini sangat mahal di pasaran. Untuk perawatannya, ikan ini cukup mudah, hanya perlu aquarium yang kecil dan kebersihan airnya terjaga.

#4 Ikan Neon Tetra

Ikan ini bisa menjadi pelengkap akuariummu. Ikan ini memiliki bentuk dan ukuran kecil, juga bisa membuat akuariummu menjadi lebih rame. Disarankan untuk membeli ikan jenis ini dalam jumlah yang sedikit banyak karena ikan neon tetra membutuhkan teman agar bisa tenang.

#5 Ikan Discus

Ikan ini sangat lucu bisa jadi pilihan untuk menghidupkan susasana rumahmu. Ikan Discus ini memiliki badan yang lebar dan berwarna atraktif. Disarankan untuk memperhatikan suhu akuarium di sekitar 28-31 celcius supaya kondisinya agak hangat dan kadar oksigennya stabil. Karena ikan ini merupakan spesies dari Amazon, jadi buatlah suasana akuarium dengan tambahan tanaman batang dan hiasan akuarium yang lainnya.

#6 Ikan Mas Koki

Ikan mas koki menjadi ikan terpenting yang wajib ada pada akuarium ikan air tawar. Ikan ini termasuk ikan yang mudah dirawat. Namun, kamu harus bisa memperhatikan nafsu makannya yang sangat tinggi. Pastikan agar kebutuhan nutrisinya selalu dipenuhi agar ikan mas koki tidak mengalami kelaparan dan kekurangan gizi.

#7 Ikan Hias Molly

Ikan hias ini sangat mudah dalam perawatannya. Bentuknya tidak terlalu besar  sehingga tidak akan membuat akuarium kamu terlihat sesak. Ikan ini juga cenderung penakut dan akan cepat bersembunyi apabila melihat ikan yang asing baginya. Jadi, perlu ditambahkan dengan hiasan aquarium untuk arena bermainnya.

#8 Ikan Pedang

Ikan ini juga disebut dengan swordtail, dan ikan ini cukup terkenal. Ikan ini memiliki ekor yang unik dan warnanya yang menarik. Ikan ini termasuk ikan cinta damai. Jadi, boleh dipelihara berkelompok dengan ikan pasif lainnya. Namun, pastikan ukuran akuarium cukup dengan suhu stabil dan pH di angka 7-8.

Leave a Reply