Desain Atap Kaca – Pemasangan atap kaca sangat rekomendasi banget buat kalian yang ingin membuatmu lebih menarik. Sebab, penggunaan atap kaca ini mampu membuat yang semulanya ruangan sempit dan pengap, namun dengan menggunakan ini menjadi ruangan lebih terkesan luas.

Selain itu, atap kaca ini juga bisa mengalirkan cahaya dengan baik dan mengasilkan sirkulasi udara dari dalam dan luar rumah. Nah, seperti apa sih desain atap kaca skylight yang cocok untuk hunianmu? Yuk, langsung simak ulasan berikut ini!

#1 Skylight Sentuhan Borderless

Kamu bisa mengaplikasikan atap kaca dengan sentuhan borderless jika ingin menghasilkan visibilitas ruang terbaik. Jenis kaca ini akan membuat ruanganmu yang sempit terlihat lebih luas. Sentuhan kaca skylight bisa digunakan dalam bentuk sudut lancip, sehingga sisi dalam rumah akan semakin nyaman. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan bentuk kaca yang menghadap ke sisi ruang tengah, mengingat tempat ini merupakan ruang yang paling utama.

#2 Konsep Rumah Studio

JIka kamu ingin menambahkan keprivasian hunianmu bisa menggunakan atap kaca skylight berbentuk rumah studio ini. Penggunaan atap ini mampu menghasilkan aspek kenyamanan beristirahat yang sangat baik. Tak hanya faktor kenyamanan, kamu pun juga bisa merancang atap kaca ini dengan kombinasi lampu downlight yang penuh kehangatan.

#3 Skylight Teras Belakang

Suka berkebuh? Bisa kok nerapin seperti ini. Pemilihan referensi atap kaca skylight di belakang teras rumah akan sangat layak. Sebab, kaca skylight tersebut bisa kamu rancang dengan inspirasi menyerupai rumah kaca, sehingga tumbuh-tumbuhan dapat berfotosintesis dengan baik. Kamu juga bisa mengaplikasikan ruangan ini untuk menjadi salah satu tempat dalam melakukan berbagai aktivitas rumah terbaik.

#4 Skylight Pembatas

Penggunaan pemabatas rumah menjadi inspirasi terbaik dalam menghasilkan ruang pada atap kaca skylight. Penempatan kaca di sisi tengah menghasilkan sudut ruang keluarga maupun taman dalam rumah yang luas dan leluasa. Kombinasi kaca akan sangat cocok dipadukan dengan sentuhan kayu maupun taman rumah sehingga tampak asri.

Keunggulan Atap Kaca

#1 Mampu Memancarkan Cahaya Natural

Sinar matahari merupakan pencahayaan natural yang dapat membuat ruangan kamu terasa lebih hangat dan terbuka. Nah,skylight berfungsi sebagai “jendela” perantara antara sinar matahari dan sebuah ruangan dalam rumah.

#2 Hemat Listrik

Penggunaan atap kaca ini mampu menghemat listrik. Kamu tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari karena bisa mengandalkan cahaya matahari yang tembus dari atap gelas kaca. Cahaya matahari juga terbukti lebih terang dari cahaya yang dipancarkan lampu berwatt tinggi.

#3 Lebih Estetik

Memasang atap ini di rumah dapat menambahkan kesan modern dan minimalis pada fasad rumah, juga desain interior. Selain itu, membuat hunianmu  terlihat lebih indah dan apik.

Kekurangan Atap Kaca

Berikut adalah kelemahan memasang atap kaca skylight pada rumah:

  • Konstruksinya susah dan memakan waktu yang lama. Membangun skylight membutuhkan kalkulasi dan material yang tepat. Apabila salah, skylight dapat mudah roboh dan membahayakan keselamatan penghuni.
  • Membuat ruangan terasa panas saat suhu cuaca sedang naik. Kaca adalah material penghantar panas yang sempurna. Apabila tidak diberikan sistem ventilasi udara pada ruangan yang memiliki skylight, suhu panas dapat meningkat dengan drastis pada ruangan.
  • Susah dirawat. Sifat kaca yang transparan karus sering dibersihkan dari luar dan dalam ketika sudah berdebu. Bila dibiarkan kotor, akan menghalangi cahaya matahari untuk masuk ke dalam rumah.

Leave a Reply