Menempati Rumah Baru – Memiliki rumah baru hasil kerja keras sendiri memang menjadi kebanggaan bagi setiap orang. Apalagi penantian yang cukup lama, pastinya akan membuat kita terpukau saat impian kita tercapai.

Pada saat pindah rumah, pastinya banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Mulai dari pemindahan barang hingga perkenalan tetangga.

Tak,lupa satu amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW, yaitu bersyukur dan membaca doa agar senantiasa dirahmati.

Doa apapun bisa dipanjatkan agar rumah yang baru ditempati senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Kamu juga bisa membaca surat-surat pendek dari Al-Quran seperti surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas untuk memohon kepada Allah agar rumah yang kamu tempati senantiasa dijaga dari gangguan jin dan setan.

Berikut beberapa doa menempati rumah baru yang perlu kamu ingat!

#1 Doa Pertama

Doa pertama yang bisa dibaca adalah doa yang diriwayatkan oleh Imam Muslim Dari Khaulah Binti Hakim Assulamiyah RA berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda :

” مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ: ‌أَعُوذُ ‌بِكَلِمَاتِ ‌اللهِ ‌التَّامَّاتِ ‌مِنْ ‌شَرِّ ‌مَا ‌خَلَقَ، لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ، حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ ”

Artinya : “Barang siapa singgah di suatu tempat kemudian membaca A’uudzu bi kalimaatillahit taamaati min syarri maa khalaq (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya), tidak akan membahayakannya segala sesuatu sampai dia meninggalkan tempat tersebut.

(Lihat : Shohih Muslim, Darun Ihya’ Al Turath Al-‘Arabi Beirut, Juz 4 Halaman 2080)

#2 Doa Kedua

Doa kedua yang bisa dibaca adalah doa yang diriwayatkan oleh imam Abu Daud, Dari abu malik Al-Asy’ari berkata, Rasulullah SAW bersabda “Jika seseorang memasuki rumahnya, hendaklah dia membaca:

اللَّهُمَّ ‌إِنِّي ‌أَسْأَلُكَ ‌خَيْرَ ‌الْمَوْلَجِ، وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا، ثُمَّ لِيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

(Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbinaa tawakkalnaa) Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.

Kemudian ucapkan salam untuk keluarganya”

(Lihat : Sunan Abu Daud, Maktabah Ashriyyah Beirut, Juz 4 halaman 325)

#3 Membaca Surat Al Ikhlas

Imam Ath-Thabrani meriwayatkan dari Jarir Bin Abdullah berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa membaca qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya” (HR. Ath-Thabrani)

(Lihat: Al-Ma’jum Al-Kabir, Maktabah Ibnu Taimiyah Kairo, Juz 2 Halaman 320)

Berikut adalah bacaan surat Al-Ikhlash lengkap beserta artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
qul huwallāhu aḥad
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ
allāhuṣ-ṣamad
Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ
lam yalid wa lam yụlad
(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ
wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad
Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

 

Leave a Reply