Berada di wilayah rawan banjir? Tenang, kami punya sosulinya, kok. Anda bisa membangun hunian yang aman dari banjir. Anda bisa mengaplikasikan desian rumah anti banjir ini.

Mau tahu desain rumah seperti apa yang aman dari banjir? Yuk, simak beberapa rekomendasi desian rumah anti banjir dari kami!

1. Rumah Teras Tinggi

Banjir disebabkan banyaknya daerah yang dibangun di dataran rendah. Akhirnya, pada saat hujan menyebabkan air menggenang dan meluap di beberapa selokan. Desain ini memanfaatkan lahan miring. Untuk lahan disekitar rumah bisa dijadikan lahan biopori untuk menyerap air hujan.

2. Rumah Ruang Banjir

Anda bisa membangun rumah dengan lantai bawah dijadikan sebagai penyangga bangunan di atasnya agar tahan akan terjangan banjir. Ruangan bawah ini juga berguna untuk menampung air banjir. Jadi, rumah akan aman dan kuat pada saat banjir. Cocok banget buat Anda yang tinggal di daerah rawan banjir!

3. Rumah Togak Beton

Desain rumah ini mirip dengan rumah panggung, namun lebih modern. Cocok banget buat Anda yang menyukai desain minimalis yang tidak suka ribet dan ingin terhindar dari banjir. Desain ini bisa digunakan di daerah rawan banjir mulai dari 20 cm hingga 60 cm. Untuk desain rumah bagian atasnya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

4. Rumah Logam

Desain ini juga bisa Anda gunakan untuk terhindar dari terjangan banjir. Desain ini biasa digunakan oleh rakyat Jepang dan Amerika Serikat. Tak hanya untuk menahan banjir, desain rumah ini juga bisa untuk menangkal angin topan dan gempa.

Rumah ini dibangun dengan material beton berlapir logam yang mampu menahan arus banjir dan pergerakan tanah. Sebaiknya tidak memberi banyak jendela karena dapat dengan mudah diterjang banjir.

5. Rumah Gaya Eropa

Desain rumah selanjutnya yang bisa menahan banjir adalah rumah bergaya eropa. Rumah ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah di daerah rawan banjir.

Biasanya rumah bergaya eropa ini menampilkan kesan rumah yang mewah dan juga berstruktur baik. Rumah ini memiliki pondasi yang cukup tinggi. Keunikan dari rumah gaya eropa terletak pada teras rumah yang menarik.

Inilah beberapa desain rumah anti banjir yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa pantau terus blog kami untuk mendapatkan tips menarik lainnya.

Leave a Reply