Cara Usir Tokek – Tak hanya di hutan saja, tokek kerap kita temui di rumah-rumah. Hampir setiap orang merasa takut dan ngeri dengan hewan ini. Tokek juga kerap mengganggu dengan suaranya yang nyaring. Bisa kah hewan ini di usir? Jawabannya bisa. Caranya bagaimana ? Yuk, disimak!

Bahaya Tokek bagi Manusia

Tokek termasuk hewan melata yang berbahaya. Mitosnya, jika ada seseorang yang digigit tokek ia harus menunggu hingga petir datang agar tokek tersebut melepaskan gigitannya. Meskipun hanyalah mitos, pasti kita tidak menginginkan hal buruk terjadi pada keluarga kita yang disebabkan oleh tokek.

Pasti kita juga tidak menginginkan kehadiran tokek di rumah. Kita bisa mengusir tokek dengan mudah,kok. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengusir hewan ini.

Tapi, jika kamu berani bisa menangkapnya dengan kedua tanganmu. Kemudian kamu bisa membuangnya ke tempat jauh ataupun kamu bisa menjual tokek tersebut. Harga jual tokek cukup mahal, lho.

Jika kamu tidak berani, yuk langsung intip beberapa tips usir tokek dari rumahmu.

#1 Lada dan Merica

Campuran kedua bahan ini dijamin bisa mengusir tokek dari rumahmu. Caranyapun cukup mudah dengan mencampurkan lada, merica dan air. Masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam botol semprotan. Kemudian semprotkan air tersebut setiap hari ke tempat tokek bersarang atau bersembunyi. Mereka akan tidak nyaman dan pergi dari persembunyiannya.

Merica dan Lada ini memiliki rasa serta aroma pedas yang membuat tokek merasakan kepanasan. Itulah yang membuat tokek tidak tahan jika kamu melakukan tips ini pada rumahmu. Kamu juga bisa menambahkan campuran bubuk cabe jika dirasa kurang puas.

#2 Bawang

Cara selanjutnya bisa menggunakan irisan bawang. Sama seperti manusia, tokek akan merasakan perih dan panas karena efek dari bawang tersebut. Selain itu, aroma yang dikeluarkan oleh bawang tidak disukai tokek dan dapat menghindarkan tokek berada di rumahmu.

Caranya mudah sekali, potonglah bawang dan taruhlah di tempat yang menjadi sarang tokek di rumahmu. Atau bisa dengan membuat larutan bawang dan menyemprotkannya ke bagian yang menjadi tempat tokek hinggap di rumahmu.

#3 Bakaran Daun Kering

Membakar daun kering bisa kamu lakukan untuk mengusir tokek dirumahmu. Asap dari bakaran daun kering ini membuat tokek terganggu dan akhirnya tokek pergi dari rumahmu. Caranya masukkan beberapa daun kering ke dalam kaleng. Kemudian bakar dengan korek api lalu tempatkan kaleng tersebut dekat tempat tokek bersarang.

Namun, pastikan jumlah daun kering yang kamu bakar tidak berlebihan agar asapnya tidak memenuhi seisi rumah dan membuat kamu serta keluargamu terganggu.

#4 Cipratan Air Garam

Larutan air garam membuat tokek tidak nyaman, merasa aneh pada kulit si tokek. Kamu bisa menggunakan larutan air garam ini untuk mengusir tokek dari rumahmu. Caranya, siapkan botol semprotan, isi dengan larutan air garam yang tercampur secara sempurna. Kemudian semprotkan tepat pada tubuh si tokek. Pastikan kamu berhati-hati saat melakukan cara ini. Jangan terlalu dekat dengan tokek agar si tokek tidak menyerangmu.

#5 Kapur Barus

Biasanya kapur barus digunakan untuk mengusir serangga dan menjaga kelembaban ruangan. Namun, jarang orang yang mengetahui jika kapur barus juga bisa digunakan untuk mengusir tokek. Caranya dengan menaburkan serbuk kapur barus ke beberapa sudut ruangan di rumahmu. Kamu juga bisa mencoret-coret tembokmu dengan kapur barus ini supaya lebih efektif lagi.

Leave a Reply