Cara Mengurus Kartu BPJS – Kartu BJPS wajib dimiliki oleh setiap orang. Setiap orang yang sudah mendaftar akan mendapatkan kartu untuk mengakses layanan kesehatan yang ada. Artinya, kartu ini sangat penting dan harus dijaga dengan baik.

Namun, bagaimana jika hartu ini hilang? Pasti akan membuatmu kerepotan dan mengharuskan kamu mengurus kartu lagi. Sebelum mengurus bpjs yang hilang, kamu perlu tahu apa yang harus disiapkan.

Syarat adminitrasi mengganti kartu bpjs yang hilang, antara lain:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 1 Lembar
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) 1 Lembar
  • Surat Tanda Kehilangan dari Kepolisian Setempat

Syarat diatas hanya berlaku bagi yang mengurus kartu bpjs hilang secara offline.

Cara Mengurus Kartu BPJS Hilang Secara Offline

#1 Ajukan Laporan ke Kantor Polisi

Datanglah ke kantor polisi untuk membuat laporan kehilangan kartu BPJS, caranya hampir sama dengan membuat laporan kehilangan KTP, SIM dan STNK. Kemudian pihak kepolisian akan membuatkan surat kehilangan kartu BPJS secara gratis.

#2 Pergi ke Kantor BPJS

Selanjutnya datanglah ke kantor BPJS dengan membawa seluruh persyaratan yang sudah disebutkan di atas tadi. Jangan lupa siapkan juga materai 6000 untuk antisipasi jika diperlukan untuk membuat surat pernyataan. Kamu juga bisa meminta bantuan saudaramu yang se-KK untuk mengurus ini.

#3 Proses Penggantian BPJS Hilang

Datanglah ke pusat layanan di kantor BPJS dan ungkapkan jika kamu ingin mengurus pergantian kartu BPJS. Mintalah hasil cetakan duplikat kartu yang hilang. Disini kamu akan diminta melengkapi syarat yang disebutkan di atas tadi.

Ketika dibutuhkan untuk membuat surat pernyataan, kamu bisa menggunakan materai 6000 yang dipersiapkan sebelumnya. Setelah tahap dilakukan, selanjutnya tunggu keesokan harinya untuk mengambil kartu BPJS yang baru selagi dokumen diproses.

Cara Mengurus Kartu BPJS Hilang Secara Online

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengurus kartu BPJSmu yang hilang, maka kamu bisa melakukannya secara online. Kamu bisa mencoba melalui sistem pelayanan online. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang hafal dengan nomor kartu BPJS.

Karena disini kamu menyiapkan kartu e-ID melalui aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Kartu e-ID adalah kartu yang memiliki fungsi sama dengan kartu BPJS Kesehatan dengan informasi yang persis.

Bagi kamu yang tidak mengetahui atau tidak hafal dengan nomor kartu BPJSmu maka kamu harus mengunjungi kantor polisi untuk membuat surat kehilangan. Nah, buat kamu yang hafal bisa lakukan cara berikut ini:

  1. Download aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.
  2. Buat pendaftaran akun baru di aplikasi tersebut dengan mengisi data pribadi seperti nomor kartu BPJS, KTP, dan nomor telepon.
  3. Setelah sudah membuat akun, silakan masuk kembali dengan dengan menggunakan nomor kartu/username/email dan password yang telah didaftarkan.
  4. Setelah berhasil masuk ke bagian menu utama, tinggal pilih cetak kartu e-ID.
  5. Klik pada ikon email dan ikuti proses yang diminta sampai selesai untuk mendapat pesan instruksi dari BPJS yang berisi kartu atas nama kamu.

Demikianlah cara mengurus kartu BPJS yang hilang. Ada dua cara yang bisa kalian coba, namun ada syarat di dalam kedua cara tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! Pantau terus blog kami dan dapatkan artikel menarik setiap harinya.

Leave a Reply