• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Total tagihan listrik yang terus membengkak perlu dihadapi dengan bijak. Sebab jika tidak segera ditangani dengan benar, pengeluaran bulanan akan terus bertambah. Cara paling mudah memperkecil tagihan listrik adalah dengan cara hemat listrik.

Tidak bisa dipungkiri di tengah kemajuan teknologi saat ini listrik merupakan kebutuhan pokok sehari-hari. Digunakan untuk menyalakan lampu sampai dengan mengisi baterai handphone dibutuhkan listrik.

Lantas bagaimana cara hemat listrik yang mudah dilakukan agar pengeluaran bulanan bisa ditekan? Berikut adalah tips dan triknya.

Cara Hemat Listrik

Optimalkan Cahaya Alami

Sinar matahari merupakan cahaya gratis yang Tuhan ciptakan untuk manusia, cahaya ini bisa dioptimalkan untuk menghemat pengeluaran listrik. Caranya adalah dengan membiarkan cahaya matahari bebas leluasa masuk ke dalam rumah. Bisa melalui jendela, pintu atau dinding kaca.

Agar lebih leluasa masuk kedalam ruangan yang ada di dalam rumah gunakan gordin berwarna soft yang agak transparan. Semakin banyak dan bebas cahaya matahari masuk ke dalam rumah, penggunaan lampu di siang hari bisa dihindari untuk menghemat pengeluaran.

Mencabut Charger Dari Stop Kontak

Mencabut charger HP, Laptop, atau kabel power peralatan elektronik lainnya dari stop jika sedang tidak digunakan dapat menghemat penggunaan listrik.

Sebab, meskipun peralatan elektronik dalam keadaan off listrik terus menerus mengalir selama terhubung ke sumber listrik.

Inilah penyebab mengapa tagihan listrik membengkak dan token listrik cepat habis, jadi sebisa mungkin cabut charger dari stop kontak jika tidka digunakan.

Ganti Lampu Dengan LED

LED atau Light Emigting Dioda merupakan semi konduktor yang memiliki fungsi mengubah arus listrik yang masuk menjadi cahaya. LED memiliki dua kutub yang disebut dengan anoda dan katoda.

LED akan memancarkan cahaya hanya jika dialiri tegangan maju dari kutub anoda menuju katoda.

Teknologi dari LED yang bisa dirasakan adalah cahaya yang dihasilkan tidak menimbulkan panas, tahan lama, tidak menggunakan bahan berbahaya dan tentu saja hemat listrik.

Saat ini banyak lampu diproduksi dengan menggunakan teknologi listrik, sehingga dihasilkan lampu bercahaya terang meskipun dayanya kecil, juga hemat listrik dan tahan lama.

Memang harganya bisa 3 kali lipat dari harga lampu biasa, akan tetapi tetap terhitung hemat jika dilihat dari konsumsi listrik dan lama pemakaiannya.

Matikan Semua Peralatan Elektronik Sebelum Tidur

Membiasakan diri mematikan semua peralatan elektronik sebelum berangkat tidur cukup efektif untuk menghemat listrik.

Selain itu juga melatih disiplin, selain untuk keamanan selama tidur juga untuk menekan pengeluaran bulanan.

Televisi, desktop, laptop dan lampu di ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi dan tempat-tempat yang tidak digunakan ada baiknya dipastikan untuk dimatikan sebelum tidur.

Demikian juga dengan charger laptop atau charger hp yang masih terhubung, jika memang sudah penuh baterainya segera dicabut. Jangan pernah mencharger barang elektronik ketika sedang tidur.

Beralih Ke Sistem Token

Beralih ke sistem token atau prabayar adalah pilihan terakhir untuk menghemat listrik. Dengan beralih dari meteran biasa ke meteran dengan sistem token dapat diketahui secara pasti berapa jumlah kwh yang dipakai dalam waktu tertentu.

Dengan menggunakan sistem token, para pengguna listrik juga akan belajar bagaimana caranya berhemat sepaya kwh yang dibeli melalui token tidak cepat habis.

Untuk berpindah ke sistem token dari sistem meteran biasa, cukup datangi kantor PLN terdekat kemudian mengisi formulir permintaan migrasi ke sistem listrik prabayar.

 

Leave a Reply