Cek Legalitas Tanah – Ada keinginan untuk investasi properti? Memang investasi properti hasilnya menjanjikan. Tapi perlu diingat sebelum melakukan transaksi harus mengecek legalitasnya terlebih dahulu. Jangan sampai Anda terjerat masalah sesudah melakukan transaksi.

Jangan sampai Anda fokus untuk mengejar keuntungan yang besar, tetapi lupa untuk mengecek tanah yang di tawarkan. Apalagi tanah tersebut ditawarkan dengan harga miring.

Nah, kita kali ini akan membahas cara cek tanah tersebut bermasalah atau tidak. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Cek Dokumen Legalitas Tanah

Kejelasan dokumen tanah sangat penting untuk melakukan proses balik nama setelah pembelian tanah. Anda bisa meminta izin pemilik untuk melakukan pengecekan keaslian sertifikat untuk menghindari masalah nantinya. Caranya:

  • Datang ke kantor BPN setempat dengan membawa sertifikat pemilik
  • Membawa surat kuasa pengecekan dari PPAT
  • Mengisi form permohonan pengecekan sertifikat
  • Fotokopi KTP pemilik dan bukti PBB tahun terakhir
  • Menyiapkan biaya pengecekan sebesar Rp50 ribu

2. Cek Lokasi Tanah

Sebelum membeli tanah, kalian harus mengecek lingkungan sekitar tanah tersebut. Anda juga harus menghindari membeli tanah yang dekat sungai, pabrik, jalur listrik tegangan tinggi, guna menghindari risiko yang bisa timbul dikemudian hari.

Jika Anda membeli tanah untuk investasi, maka harus memperhatikan perkembangan lingkungan sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk kenaikkan harga properti nantinya. Cek sekitarnya apakah dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, pelayanan kesehatan, pasar dan lain-lain.

3. Cek Izin Peruntukan Tanah

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui status tanah dan peruntukan terbarunya. Jangan pernah membeli tanah yang tidak diketahui peruntukkannya. Takutnya nanti ternyata tanah tersebut tidak boleh digunakan untuk mendirikan bangunan.

4. Melakukan Pengalihan Kepemilikan

Terakhir, Anda juga harus membuat Akta Jual Beli di notaris sehingga sah kedudukannya di mata hukum. Sesegera mungkin untuk mengalihkan status kepemilikan atas nama pribadi. Jadi, Anda bisa meminta keterangan dari pihak notaris sebagai perantara kejelasan prosedur pengurusan surat-surat kepemilikan tanah di kantor pertanahan.

Demikianlah cara cek legalitas tanah yang akan Anda beli. Semoga bermanfaat dan berhati-hati, ya!

Leave a Reply