Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bangun perumahan. Salah satunya, lahan yang akan digunakan untuk membangun perumahan dan jauh dari bencana alam.

Pihak developer harus mengetahui apasaja daerah yang seharusnya tidak di bangun perumahan. Nah, apasaja daerah tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

#1 Daerah Rawan Bencana

Pengembang tidak boleh membangun perumahan di daerah yang rawan bencana. Bencana yang dimaksud adalah banjir dan longsor. Kalian sebagai pembelli juga harus mempertimbangkan 2 hal ini sebelum membeli rumah. Dipastikan rumah yang akan di beli terbebas dari bencana.

Untuk mengidentifikasi lokasi yang rawan lonsor adalah biasanya berada di lereng atau perbukitan yang tanahnya mudah bergeser. Sedangkan lokasi yang rawan banjir dapat diidentifikasikan beberapa hal yaitu:

  1. Berada di dekat sungai
  2. Berada di dekat rawa
  3. Ada di bawah bukit atau lereng

#2 Resapan Air

Ada baiknya untuk tidak membangun perumahan di dekat resapan air. Sebab, hal ini akan berpotensi bencana yang mengancam perumahan. Apalagi jika terjadi banjir, tanah daerah tersebut tidak sanggup menyerap air yang berlebihan.

Selain itu, kekeringanpun bisa terjadi. Jadi, apabila pada musim hujan, daerah tersebut akan mengalami kebanjiran. Tetapi, pada saat musim kemarau daerah tersebut akan mengalami kekeringan.

#3 Jauh dari Fasilitas Umum

Saat ini memang sangat sulit mencari lokasi dekat pusat kota, walaupun ada itupun pasti minim dan mahal. Namun, jangan jadikan ini alasan dengan membangun perumahan yang jauh dari pusat kota dan fasilitas umum.

Membangun perumahan jauh dari fasilitas umum akan mempersulit orang yang ada di dalam perumahan. Fasilitas yang dimaksudkan seperti rumah sakit, sekolah, dan pasar.

#4 Rawan Kejahatan

Pihak pengembang juga tidak boleh membangun perumahan di daerah yang rawan kejahatan. Apalagi, perumahan dibangun tidak menyediakan keamanan yang memadai.

Jadi, jika di rasa daerah tersebut rawan kejahatan, sebaiknya dilengkapi dengan keamanan yang memadai. Sebab, ini menjadi hal terpenting bagi pembeli saat menentukan rumah pilihannya.

#5 Jauh dari Jalan Raya

Calon pembeli akan melihat apakah rumahnya jauh dari jalan raya atau tidak. Maka, sebaiknya pengembang tidak membangun perumahan yang jauh dari jalan raya.

Sebab, konsumen akan mempertimbangkan akses jalan yang akan dilewati dan memudahkan mereka untuk berpergian seperti ke pasar.

Nah, jadi inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan pihak developer pada saat bangun perumahan. Tidak hanya developer saja, para pembeli juga harus paham akan hal ini.

Leave a Reply