Atap bitumen kerap kita temui di hunian minimalis nan mewah. Atap bitumen ini jauh lebih modern dan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan genteng-genteng biasanya.

Secara umum, atap bitumen ini sudah dikenal pada banyak bangunan di Ameria serikat. Namun, perlu diketahui komposisi dari bitumen sebagai atap rumah. Berikut ini penjelasannya!

Komposisi Atap Bitumen

Komposisi bitumen dibentuk dari berbagai material alami yang sarat akan kekuatan penting sebagai bangunan kokoh. Bitumen dibentuk atas beberapa material yang sangat kuat, seperti fiberglass, alga coating maupun pasir batu. Tidak jarang, bitumen kerap dikaitkan juga sebagai atap genteng yang dicampur dengan aspal.

Kelemahan dan Keunggulan Atap Bitumen

Kelemahan Bitumen

#1 Harga Tidak Murah

Harga bitumen tidak murah dibandingkan dengan atap-atap yang lainnya untuk membantu rumah. Dengan harganya yang mahal, sebanding dengan kualitas dari bitumen ini sendiri.

#2 Butuh Penyesuaian pada Proses Pemasangan

Pemasangan atap bitumen ini tidak mudah. Tidak semua tukang bisa memasang bitumen ini secara rapi dan benar agar memiliki usia pakai yang lama. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memasang atap ini dengan orang yang handal dan terlatih dalam instalasi atap.

#3 Membutuhkan Perlengkapan Instalasi Tidak Sedikit

Pemasangan atap ini membutuhkan sedikit perubahan pada konstruksi atap. Untuk mempermudah pemasangan instalasi, sebaiknya disiapkan alat multipleks baru dengan bahan khusus yang sesuai dengan bitumen.

#4 Perawatan Atap Membutuhkan Biaya Besar

Proses perawatan atap ini tidak murah. Sesuai dengan harga atap ini, perawatannya juga mahal. Karena, biaya perbaikan bitumen di rumah memerlukan biaya yang cukup mahal, sekalipun cukup menyita waktu. Kamu pun juga perlu memanggil tukang khusus apabila terjadi kerusakan pada bitumen.

Keunggulan Bitumen

#1 Tahan Lama

Keunggulan pertama dari atap ini adalah tahan lama. Karena, atap ini memiliki kekuatan yang sangat baik, khususnya dalam menahan api, air, bahkan angin topan yang kencang.

#2 Pemakaian Jangka Panjang

Pada saat pembelian atap rumah, pasti kalian akan mendapatkan garansi pemakaian. Garansi atap bitumen ini bisa mencapai 20 sampai dengan 30 tahunan, sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Tak heran, jika bangunan kokoh maupun rumah gedongan menggunakan atap ini untuk memberikan rasa aman yang baik.

#3 Ringan

Atap ini bisa dibilang kontruksi rumah dengan baja ringan yang berkualitas. Karena, atap ini memiliki material yang tergolong cukup ringan, sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan pada bangunan rumah.

#4 Jenis dan Variasi Beragam

Bitumen memiliki variasi dan jenis warna yang tergolong sangat banyak. Variasi warna yang banyak tersebut juga bisa menyesuaikan desain eksterior rumah sehingga terlihat senada.

#5 Sederhana, tapi Estetis

Walaupun sederhana, namun atap ini sangat elegan dan minimalis banget. Sebab, atap ini terlihat sangat estetis dengan bentuk ukiran-ukiran tegas berbentuk lurus yang minimalis. Untuk melihat sisi estetika atap ini, kamu pun bisa mengetahuinya saat melewati rumah-rumah minimalis bertingkat.

#6 Dapat Menyesuaikan Berbagai Jenis Atap

Uniknya, atap ini mampu menyesuaikan berbagai jenis rumah. Karena, atap ini bisa diaplikasikan pada berbagai jenis rumah, sekalipun rumah tua maupun rumah klasik nan estetis. Kamu pun juga bisa menggunakan bitumen apabila menginginkan rumah bernuansa etnik yang menghasilkan suasana penuh emosional.

#7 Kedap Suara

Atap ini kedap suara, sehingga suara hujan tidak begitu terdengar jika menggunakan atap ini. Atap ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengurangi suara hujan yang ada di atap rumah kalian, jika kalian merasa terganggu dengan suara hujan.

Leave a Reply